Tutorial Gridding

Selamat datang di tutorial surfer.
Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana melaukan gridding paling sederhana di surfer (tanpa cross validate)
Untuk melakukan gridding, diperlukan data dengan konten x dan y sebagai nilai koordinat dan z sebagai value target (yang di analisis). Data tersebut dapat berupa .dat atau dalam excel.

Untuk melakukan gridding, kita dapat menggunakan menu bar Grid --> Grid Data

Setelah di click akan muncul window seperti di bawah ini:

1. Data column, bertujuan untuk menyesuaikan antara colum pada excel dan column pada surfer agar gridding sesuai dengan keinginan. Diatur agar data X berada pada X, data Y berada pada Y dan Z berada pada Z.
2. Gridding Methode, bertujuan untuk menentukan metode yang akan digunakan. Untuk materinya dapat dilihat pada Gridding dan untuk cross validate dapat dilihat pada Variogram
3. Grid line geometry, bertujuan untuk menentukan batas gridding terhadap koordinat system yang digunakan. # of nodes, menentukan seberapa detail (jumlah pixel) yang akan di keluarkan dari gridding. Semakin besar nilainya maka hasilnya akan semakin baik.
4. Grid z limit, bertujuan untuk menentukan batas nilai value yang akan kita gunakan sehingga dapat menghilangkan value setelah dan sebelum dari nilai z yang kita tentukan.
5. Output Grid File merupakan lokasi tempat menyimpannya hasil gridding.

Untuk hasilnya dapat di keluarkan dengan menggunakan kontur, arah vector hingga tampilan 3D. Untuk lebih lanjutnya silahkan baca materinya pada Konturing, Post Map, Grid Vector Map dan 3D surface.

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa saksikan videonya juga di Youtube. Terimakasih

Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers