Pendahuluan Rockwork

     Rockwork merupakan salah satu software yang membantu dalam hal pembuatan log sumur dan korelasi sumur, baik menggunakan data bor ataupun menggunakan data yang lain berhubungan dengan log tersebut. Software ini juga mampu memmodelkan kondisi bawah permukaan dengan sangat baik hingga mampu menggambarkan struktur bawah permukaan.

     Pada tampilan awal, software Rockwork memiliki banyak sekali panel yang dapat difungsikan. Terdapat sembilan menu yang paling utama dan harus diperhatikan pada software ini.

Gambar 1. Window Rockwork


  1. Project folder, merupakan tempat dimana penyimpanan file yang sedang dikerjakan.
  2. Tab yang akan di proses. Pada tab ini yang paling utama adalah pada borehole Manager karena pada tab ini akan mengatur segala data inti.
  3. Tab pengolahan. Pada tab ini akan dilakukan pemrosesan pada data yang telah direkam. Contoh: pemprosesan log bor yang akan ditampilkan secara grafis.
  4. Tab editing. Pada tab ini berperan untuk melakukan peng-edit-an log bor baik menambah, memilih hingga menghilangkan data bor tersebut.
  5. Urutan log bor yang telah diinputkan dan siap dilakukan editing.
  6. Urutan data yang akan diinputkan. Pada urutan ini semua data diinputkan dari mulai lokasi hingga keterdapatannya. Untuk log bor dapat menggunakan lokasi dan lithologi sebagai input jenis batuan.
  7. Tampilan yang diedit. Pada tampilan ini akan berbeda sesuai dengan pilihan di nomor 6. Setiap urutan memiliki jenisnya masing-masing. *Hal tersebut dapat dilihat pada tutorial Rockwork yang telah kami sediakan.
  8. Pada tab ini berisi tentang proyeksi koordinat yang digunakan serta pengaturan output yang akan dikeluarkan dan di eksport serta scanning data agar masuk kedalam peta yang akan disajikan nanti.
  9. Tab ini berisi batasan-batasan dari input data yang telah diinputkan. Pada tab ini terjadi penggantian manual dari tab no.8. Pada tab ini juga disediakan satuan yang akan digunakan sebagai outputnya nanti.

Untuk softwarenya dapat di Download di Sini >> Rockwork
Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers